Selasa, 30 November 2010

Manifesto Demokrasi Ekonomi Sistem Pasar dan Keadilan Sosial

Pidato Pengukuhan Prof.Syafruddin Karimi,SE.MA.PhD

Lengkapnya...

Kamis, 25 November 2010

Senang melihat Orang Susah dan Susah Melihat Orang Senang

Judul kalimat diatas adalah sesuatu hal yang sering dilihat dan rasakan ditengah-tengah masyarakat dimana melihat seseorang atau sekelompok orang berhasil atau memiliki kelebihan timbul rasa tidak senang dari kelompok lain. Begitu juga sebaliknya apabila seseorang atau sekelompok orang mengalami musibah atau kesusahan, maka kelompok lain juga senang.
Perasaan atau perbuatan demikian adalah perbuatan yang tidak terfuji dihadapan Allah.SWT, agama Islam mengelompok sifat-sifat manusia tersebut pada 3 kelompok:
1. Sifat Sombong
2. Sifat Dengki
3. Sifat iri Hati
semua sifat itu adalah tidak baik adanya, sifat ini dapat menjerumuskan manusia kepada perpecahan, untuk menepis sifat-sipat tersebut bagaimana pendapat para ahlinya:

Menepis Sifat Sombong
Oleh : KH Abdullah Gymnastiar

SOMBONG, takabbur, atau merasa diri besar adalah masalah yang sangat serius. Kita harus berhati-hati dengan persoalan ini. Sebab kesombongan inilah yang menyebabkan setan terusir dari surga dan kemudian dikutuk oleh Allah selamanya. Hadirnya rasa takabbur sangat halus sekali. Banyak orang telah merasa tawadhu (rendah hati) padahal dirinya di mata orang lain sedang menunjukkan sikap takabburnya. Tentang sikap takabbur ini Rasulullah SAW bersabda: Tidak akan masuk surga siapa yang di dalam hatinya ada kesombongan walau seberat debu. (HR Muslim). Allah benar-benar mengharamkan surga untuk dimasuki orang-orang takabbur. Takabbur hanya layak bagi Allah yang memang memiliki keagungan sempurna. Sedang seluruh makhluk hanya sekadar menerima kemurahan dari-Nya.

Penyakit takabbur memang benar-benar seperti bau busuk yang tidak dapat ditutup-tutupi dan disembunyikan. Orang yang mengidap penyakit ini demikian mudah dilihat oleh mata telanjang orang awam sekalipun dan dapat dirasakan oleh hati siapapun.

Perhatikan penampilan orang takabbur! Mulai dari ujung rambut, lirikan mata, tarikan nafas, senyum sinis, tutur kata, jumlah kata, nada suara, bahkan senandungnya pun benar-benar menunjukkan keangkuhan. Begitupun cara berjalan, duduk, menerima tamu, berpakaian, gerak-gerik tangan bahkan hingga ke jari-jari kaki. Semuanya menunjukkan gambaran orang yang benar-benar buruk perangainya.

Ada pertanyaan menarik. Pantaskah sebenarnya orang bersikap takabbur, jika seluruh kebaikan pada dirinya semata-mata hanya berkat kemurahan Allah padanya? Padahal jika Allah menghendaki, dia bisa terlahir sebagai kambing. Tentu saja saat itu tidak ada lagi yang bisa disombongkan. Atau kalau Allah mau, dia bisa terlahir dengan kemampuan otak yang minim. Bahkan jika Allah takdirkan dia lahir di tengah-tengah suku pedalaman di hutan belantara, maka pada saat ini mungkin dia tengah mengejar babi hutan untuk makan malam. Apa lagi yang bisa disombongkan?

Marilah kita berhati-hati dari bahaya kesombongan ini. Jika penyakit ini datang pada kita, kita akan sengsara. Langkah kehati-hatian ini bisa dimulai dengan mengenali ciri-ciri kesombongan. Rasulullah SAW bersabda: Sombong itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan sesama manusia. (HR Muslim). Jika dalam hati kita ada satu dari dua hal ini, atau kedua-duanya ada, itu pertanda kita telah masuk dalam deretan orang-orang sombong.

Sebagian orang ada yang merasa dirinya paling mulia, baik, salih, dekat pada Allah, dikabul doanya, berkah urusannya, dan lainnya. Ketika ada kebaikan lalu kita laporkan padanya, dia berkata: Oh, siapa dulu dong yang mendoakannya? Dan ketika kita datang padanya dengan keluhan berupa musibah, dia berkata: Ah, itu sih tidak aneh, saya pernah mengalaminya lebih parah dari itu.

Ini adalah gambaran kesombongan. Orang merasa diri lebih dekat pada Allah, lalu memandang orang lain dengan pandangan yang merendahkan. Perilaku seperti ini jika diteruskan akan merugikan pelakunya. Hakikatnya, semua kebaikan dan keburukan terjadi karena izin Allah. Katakanlah (wahai Muhammad) bahwa semuanya (kebaikan dan keburukan itu) adalah dari sisi (atas takdir) Allah. (QS An Nisaa 4:78). Kita tidak berdaya membuat kebaikan dan keburukan jika Allah tidak menghen daki hal itu terjadi. Sekalipun berupa doa atau puasa, tidak bisa dijadikan alasan bahwa kita punya kuasa atas kebaikan dan keburukan. Wallahu alam***

------------------------

Menjauhi sifat dengki

Ditulis oleh Admin di/pada 24 Desember 2008

Oleh : Ustadz Muhammad bin Ahmad Assegaf

اَلْحَمْدُ ِللهِ عَلَى نِعَمِهِ الَّتِي لاَ تُعَدُّ , وَ عَلىَ إحْسَانِهِ الَّذِيْ لاَ يُحَدُّ وَ عَوَّذَ نَبِيَّهُ مِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إذَا حَسَدَ وَ الصَلاَةُ وَ سَلاَمُ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اْلكَامِلْ فِى اْلحَسَبِ وَ النَّسَبِ عَلىَ آلِهِ وَ صَحْبِهِ . اَمَّا بَعْدُ

Ikhwani, melanjutkan pembicaraan kita tentang macam-macam penyakit hati, kali ini kami akan menjelaskan singkat tentang hasut atau dengki. Sifat hasut atau dengki ini adalah juga termasuk penyakit hati yang mesti kita hindari.

Arti hasad atau dengki ialah apabila seseorang merasa sempit hati, serta kurang senang, melihat orang lain memperoleh nikmat/karunia dari ALLAH, baik dalam urusan agama ataupun dunia, serta mengharapkan hilangnya nikmat dari orang tersebut, senang melihat orang lain susah, tidak mempunyai rahmat dan belas kasihan serta suka berprasangka buruk terhadap orang lain. Semua itu ialah sifat-sifat yang membinasakan.

ALLAH SWT telah memerintahkan Rasulullah SAW agar senantiasa berlindung dari sifat dengki. Dalam surat Al-Falaq ayat 5, ALLAH berfirman,

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Dan dari kejahatan pendengki, apabila ia mendengki.”

Rasulullah SAW bersabda,

إيَّاكُمْ وَ الْحَسَدَ , فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلَ الْحَسَنَاتِ , كَمَ تَأْكُلَ النَّارِالحَطَبِ

“Jauhilah diri kalian dari sifat dengki, karena sesungguhnya dengki itu memakan (pahala) kebajikan sebagaimana api membakar kayu.”

Dalam sabdanya yang lain Rasul berpesan,

لاَ تَجْتَمِعُ فِي خَوْفِ عَبْدٍ , اَلْإيْمَانُ وَالْحَسَدُ

“Tidak akan berkumpul di dalam batin seorang hamba itu iman dan dengki.”

Hadist ini amat berat. Dari hadist ini dapat kita pahami bahwa orang beriman tidak akan memiliki sifat dengki. Jikalau mempunyai sifat dengki, berarti ia belum beriman (belum sempurna imannya).

Rasulullah SAW bersabda,

ثَلاَثٌ لاَ يَخْلُوْ مِنْهُنَّ أَحَدٌ : اَلْحَسَدُ , وَ الظَّنُّ , وَ الطِّيَرَةُ . أَفَلاَ اُنَبِّئُكُم بِالْمَخْرَجِ مِنْ ذَللِكَ : إذَا حَسَدْتَ فَلاَ تَبْغِ وَ إذَا ظَنَنْتَ فَلاَ تُحَقِّقِ , وَ إذَا تَطَيَّرْتَ فَامْضِ

“Tiga perkara yang tidak akan terlepas seseorang dari padanya, sifat dengki, prasangka buruk dan memandang sial terhadap sesuatu. Maukah engkau kutunjukkan jalan keluarnya. Jika engkau mendengki, jangan melampaui batas. Jika engkau berprasangka buruk, jangan engkau benarkan. Dan jika anda merasa sial, maka teruskanlah1.”

Orang yang mendengki hendaknya melawan perasaan hatinya dengan memuji orang yang didengki, serta memuliakan dan membantunya. Ini adalah cara yang paling mujarab untuk menghilangkan perasaan dengki.

Rasulullah SAW bersabda,

لاَ تَحَاسَدُوْا وَلاَ تَبَاغَضُوْا وَلاَ تَدَابَرُوْا

“Janganlah engkau saling mendengki, janganlah membenci, dan janganlah saling bermusuhan.”

Lukman Al-Hakim berpesan kepada anaknya,

“Wahai anakku, waspadalah dari sifat dengki, karena ia merusak agama dan melemahkan jiwa serta menimbulkan penyesalan. Wahai anakku, tiada bencana yang lebih berat penderitaannya daripada kesombongan. Tiada kesedihan yang lebih menyusahkan penderitaannya daripada kedengkian.”

Itulah sebagian dari penyakit hati yang harus kita waspadai dan kita jauhi. Semoga ALLAH SWT mengampuni dosa–dosa kita, serta membersihkan jasmani, hati dan ruh kita. Amin.



Penyakit Batin Sifat Iri dan Dengki

Bila Anda coba memperhatikan secara cermat orang-orang disekeliling Anda, baik di lingkungan tempat tinggal ataupun tempat Anda bekerja. Mungkin Anda setuju pernyataan ini, bahwa tidak sedikit orang memiliki rasa iri dan dengki bila melihat orang lain lebih dari dirinya. Seperti misalnya ada orang lain yang lebih pintar di sekolah atau di tempat kerja, bukannya dijadikan tempat belajar atau bertanya, tapi malah terancam dijadikan objek sasaran untuk disaingi dengan cara tidak sehat atau dicari-cari kelemahan, kelengahan ataupun kesalahannya, supaya kelebihan orang tersebut tidak terlihat/ tertonjolkan atau kalau bisa dilenyapkan agar luput dari pandangan guru atau atasan.

Jika orang lain lebih makmur dan kaya, maka akan dicurigai dan dipergunjingkan bahwa cara memperolehnya dengan cara yang tidak benar, seperti: menipu, korupsi, atau bahkan dituduh mendapatkannya dengan menggunakan ilmu hitam.

Kelebihan yang dimiliki seseorang ternyata malah sering jadi tempat sasaran kedengkian dan keirian hati orang sekelilingnya. Apakah banyak manusia memiliki sifat tidak baik tersebut? Apakah semua orang yang memiliki kelebihan, baik itu kesenangan, kebahagiaan ataupun kenikmatan akan menjadi sasaran sifat iri dan dengki orang lain? atau hanya pada orang-orang tertentu? atau hanya pada orang-orang yang sombong dengan kelebihannya? atau hanya pada orang-orang yang semulanya dianggap lemah dan kecil? Sebaliknya juga timbul pertanyaan apakah setiap orang memiliki sifat iri dan dengki? Apakah kita mampu mengendalikan sifat buruk tersebut?

Pengertian Iri dan Dengki

Iri hati dan dengki hati adalah dua dari beberapa sifat buruk manusia yang juga disebut sebagai penyakit batin. Kedua sifat buruk atau penyakit batin tersebut sebenarnya memiliki pengertian yang tidak sama namun bisa disebut bersumber dari penyebab yang sama. Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan anugerah, rezeki atau kesuksesan yang didapat oleh orang lain, dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Sedangkan dengki adalah sikap tidak senang melihat orang lain bahagia atau mendapat nikmat atau kesuksesan dan berusaha untuk menghilangkan kebahagiaan, nikmat atau kesuksesan tersebut.

Rasa iri dan dengki baru tumbuh apabila orang lain menerima kenikmatan, kesuksesan atau kebahagiaan. Biasanya jika seseorang mendapatkan nikmat, kesuksesan atau kebahagiaan, maka akan ada dua sikap reaksi yang akan timbul pada manusia lainnya. 1) Ia benci terhadap nikmat yang diterima orang lain dan senang bila nikmat itu hilang daripadanya. Sikap reaksi inilah yang disebut perpaduan antara dengki dan iri hati. 2) Ia tidak menginginkan nikmat itu hilang dari orang lain, tapi ia berusaha keras bagaimana mendapatkan nikmat semacam itu. Sikap reaksi kedua ini dinamakan keinginan. Dari kedua sikap reaksi manusia tersebut sikap iri dan dengki yang bisa membahayakan atau membawa bencana bagi orang lain. Sebagian manusia cenderung tidak mampu mengelakkan diri dari sifat iri dan dengki ini. Sifat buruk ini bisa terjadi pada setiap manusia dalam berbagai hal, yakni antara lain iri dan dengki kepada tetangga yang punya mobil baru, iri dan dengki kepada rekan yang baru naik jabatan, iri dan dengki kepada seseorang di kantor atau di sekolah yang lebih trampil atau pintar, dan lain sebagainya.

Penyebab Timbulnya Rasa Iri dan Dengki

Rasa iri dan dengki biasanya banyak terjadi di antara orang-orang terdekat; antar keluarga, antar teman sejawat, antar tetangga dan orang-orang yang berdekatan lainnya. Sebab rasa iri dan dengki itu timbul karena saling berebut pada satu tujuan dan itu tak akan terjadi pada orang-orang yang saling berjauhan, karena pada orang yang berjauhan cenderung tidak ada ikatan sama sekali.

Iri dan dengki antar sesama manusia disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah:

  1. Merasa dirinya paling hebat, terlampau kagum dan pemujaan terhadap kehebatan dirinya. Ia keberatan bila ada orang lain melebihi dirinya. Ia takut apabila koleganya mendapatkan kekuasaan, pengetahuan atau harta yang bisa mengungguli dirinya.
  2. Kesombongan, Ia memandang remeh orang lain dan karena itu ia ingin agar dipatuhi dan diikuti perintahnya. Ia takut apabila orang lain memperoleh kenikmatan atau kesenangan, dan menyebabkan orang tersebut berbalik dan tidak mau tunduk kepadanya.
  3. Kikir, orang seperti ini senang bila orang lain terbelakang dari dirinya, seakan-akan orang lain itu mengambil dari milik dan simpanannya. Ia ingin meskipun nikmat itu tidak jatuh padanya, agar ia tidak jatuh pada orang lain. Ia tidak saja kikir dengan hartanya sendiri, tetapi kikir dengan harta orang lain. Ia tidak rela ada kenikmatan pada orang lain.
  4. Karena sudah ada permusuhan. Ini adalah penyebab kedengkian yang paling parah. Ia tidak suka orang lain menerima nikmat, karena dia adalah musuhnya. Maka akan diusahakannya jangan ada perolehan kebajikan pada orang tersebut. Bila musuhnya itu mendapat kenikmatan atau kebahagian, hatinya menjadi sakit karena bertentangan dengan tujuannya. Permusuhan itu tidak saja terjadi antara orang yang sama kedudukannya, tetapi juga bisa terjadi antara atasan dan bawahannya. Sehingga sang bawahan misalnya, selalu berusaha menggoyang kekuasaan atasannya.
  5. Takut mendapat saingan. Bila seseorang menginginkan atau mencintai sesuatu maka ia khawatir kalau mendapat saingan dari orang lain, sehingga tidak terkabullah apa yang ia inginkan. Karena itu setiap kelebihan yang ada pada orang lain selalu ia tutup-tutupi. Bila tidak, dan persaingan terjadi secara sportif, ia takut kalau dirinya tersaingi dan kalah. Dalam hal ini bisa kita misalkan dengan apa yang terjadi antardua wanita yang memperebutkan seorang calon suami, atau sebaliknya. Atau sesama murid di hadapan gurunya, seorang pegawai dengan pegawai lainnya untuk mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari atasannya, dan sebagainya.
  6. Ambisi memimpin, senang pangkat dan kedudukan. Ia tidak menoleh kepada kelemahan dirinya, seakan-akan dirinya tak ada tolok bandingnya. Jika ada orang ingin menandinginya, tentu itu menyakitkan hatinya, ia akan mendengkinya dan menginginkan lebih baik orang itu habis saja karirnya, atau paling tidak hilang pengaruhnya.

Cara Menghindarkan Diri dari Sifat Iri dan Dengki

Agar kita terhindar dari penyakit batin iri dan dengki sebaiknya selalu bersikap rendah hati, tidak merasa lebih dari orang lain. Orang yang rendah hati walaupun misalnya ia tahu bahwa ia memiliki banyak kelebihan dibanding orang lain ia tidak akan merasa bangga apalagi membanggakan kelebihannya. Setiap kelebihan yang dimilikinya akan dinikmatinya dengan penuh rasa syukur dan terima kasih kepada TUHAN Yang Maha Pencipta yang telah memberikan kelebihan dan keberuntungan tersebut terhadap dirinya. Demikian pula kekurangan yang ada pada dirinya ia akan dengan ihklas menerima ketentuan TUHAN tersebut apabila ia memang tidak dapat menutup atau memperbaiki kekurangan yang ada pada dirinya ini. Kekurangan pada dirinya bisa berupa kekurangan fisik ataupun kurang cerdas misalnya, ia akan tetap percaya diri untuk berhadapan dengan orang lain karena dibalik kekurangan pada seseorang pastilah ada pula kelebihan yang dimilikinya. Bila ia melakukan perbuatan baik atau berbuat amal kebaikan maka ia melakukan tersebut karena didorong oleh keihklasan yang tulus untuk menolong kepada sesama. Amal kebaikan tersebut dilakukannya karena rasa kasih dan simpatinya pada orang lain.

Janganlah jadi orang yang terlalu banyak bicara, sebab orang yang terlampau banyak bicara dapat membuat hati menjadi keras. Berbicaralah yang tidak penting secukupnya dan hindari menjadi orang yang omong besar, pembual, tukang bohong, dan lain sebagainya. Banyak bicara dalam kebaikan boleh-boleh saja, seperti untuk mengajar, petugas pelayanan, ngobrol biasa dengan teman, tetangga, keluarga, dan lain sebagainya. Jagalah emosi dan nafsu. Emosi dapat membuat hidup menjadi tidak tenang. Oleh karena itu kita sebaiknya selalu menjaga emosi kita agar tidak menjurus ke penyakit hati. Beberapa contoh nafsu yang harus kita tundukkan antara lain seperti nafsu akan harta, nafsu seks, nafsu makan, nafsu jabatan, nafsu marah, nafsu mewujudkan impian, dan lain sebagainya.

Ingatlah selalu akan TUHAN, sehingga dengan mengingat TUHAN kita menjadi takut atas hukuman/amarah-NYA karena melakukan dosa yang disebabkan oleh penyakit batin tersebut.



SIFAT IKHLAS, TAWAKKAL DAN LILLAHI TA'ALA

Menurut para ulama, jiwa tertinggi dalam sebuah karsa dan karya adalah ikhlas, sifat ini akan memberikan kekuatan yang sangat dahsyat dalam mengarungi kehidupan dan mencegah seseorang untuk tunduk pada kepentingan sesaat. Semua yang dilakukan hanya untuk mencari berkah-nya, bukan untuk mendapatkan, apalagi sekedar mencari materi yang bersifat duniawi, selain itu orang yang memiliki jiwa ikhlas akan mampu bekerja keras menerjang badai tanpa harus menunggu komando atasannya.

Sifat ikhlas ini juga memiliki korelasi yang amat erat dengan konsep tawakkal dan lillahi ta’ala, seseorang yang ikhlas tidak pernah mengeluh, bersuara keras, tidak takabur dan mencari muka. Kedekatan dan rasa cinta seseorang kepada kepada Allah akan membuat seseorang memiliki kepercayaan diri penuh, bahwa aneka kesulitan disaat ini dan mendatang akan mendapatkan kemudahan dan petunjuk dari Allah.SWT.

Rabu, 24 November 2010

Pedoman Umum Penyusunan RKAKL (Universitas Andalas)

Salah satu dokumen pengangaran adalah RKA-KL, yang terdiri dari rencana kerja dan anggaran yang dipoerlukan untuk melaksanakan rencana kerja suatu kementerian atau Lembaga.
Pada bagian rencana kerja berisikan imformasi mengenai Visi, Misi, tujuan, kebijakan, program, hasil yang diharapkan, kegiatan serta output yang diharapkan. Sedangkan pada bagian anggaran berisikan imformasi mengenai biaya untuk masing-masing program dan kegiatan untuk tahun yang direncanakan yang dirinci menurut jenis belanja.
Imformasi lengkap....

PENGUKUHAN GURU BESAR ILMU KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS

Kami karyawan/karyawati Universitas Andalas mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Prof.Dr.dr.Rizanda Machmud,M.Kes sebagai guru besar Ilmu Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kedokteran Universitas Andalas oleh Rektor Unand Prof.Dr.Ir.H. Musliar Kasim,MS dengan judul pidato Pengukuhan:

"STRATEGI DALAM MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI SUMATERA BARAT"

Selasa, 23 November 2010

Koordinator Kopertis Wilayah X Dilantik Mendiknas

Prof.Damsar guru besar Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas dilantik Menteri Pendidikan Nasional sebagai koordinator kopertis wilayah X pada hari Jum'at tanggal 19 Nopember 2010 di Jakarta dan serah terima dilaksanakan pada hari yang sama dengan Prof.Dr.Elfindri.SE.MA.
Kami keluarga besar Universitas Andalas mengucapkan selamat kepada Prof.Damsar dan terima kasih kepada Prof.Dr.Elfindri SE.MA atas prestasinya selama mempimpin kopertis wilayah X.

Senin, 22 November 2010

Ketidak Akuratan Data Bisa Mengacaukan Sebuah Sistem Yang Bagus

Data merupakan faktor penting didalam sebuah organisasi, apapun namanya organisasi tanpa data yang akurat dan matang sebuah sistem cangih sekalipun akan kacau jadinya apabila diterapkan. Contoh demikian terjadi pada kasus kekacauan penerbangan pesawat Garuda pada minggu tanggal 21 Nopember 2010 dimana menurut manajemen PT. Garuda Indonesia (berita padang ekspres 22 Nopember 2010) gangguan disebabkan perubahan sistem diperusahaan, akibatnya terjadi ketidak serasian jadwal kru penerbangan dengan jadwal keberangkatan pesawat, hal ini memberikan efek berupa keterlambatan keberangkatan pesawat. Garuda menerapkan sistem baru yang disebut Integrated operation control system. Walaupun sistem yang cangih telah disiapkan dan dilakukan simulasi dalam migrasi terjadi ketidakakuratan DATA, akibatnya semua sistem jadi terganggu, dari kasus ini dapat ditarik kesimpulan bahwa DATA yang akurat tersebut sangat penting sekali bagi sebuah organisasi apalagi sebuah organisasi penerbangan yang memiliki jaringan luas dan standar pelayanan internasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 (PP 66 Tahun 2010)

PP 66 Tahun 2010 - Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 (PP 66 Tahun 2010) secara resmi telah diterbitkan oleh pemerintah untuk pengganti PP 17 yang sebelumnya tertuang dalam Undang-Undang Badan Hukum pendidikan (UU BHP) pasca pencabutan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Maret lalu.

Dalam PP 66 Tahun 2010 tentang Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan ini tertuang tata dan cara pengelolaan keuangan perguruan tinggi negeri (PTN) sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atau badan layanan umum (BLU).

"PTN berstatus badan hukum milik negara (BHMN) tetap ada. Namun, pengelolaan keuangannya harus tunduk kepada undang-undang tentang keuangan yang ada," kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, seusai halalbihalal dan meresmikan gedung-gedung di lingkungan Yayasan Pendidikan Ma'rif, Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (3/10/2010).

Seperti disampaikan dalam pidato pengantar nota keuangan Presiden di DPR, menurut Nuh, pengeluaran PTN BHMN termasuk dalam APBN, pengelolaan keuangannya dilakukan sebagai PNBP atau sebagai BLU. Menurut Nuh, ada masa transisi untuk penerapan PP No 66/2010 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 28 September 2010, yakni sampai 31 Desember 2012. Karena itu, semua yang dilakukan setelah 31 Maret (ketika Mahkamah Konstitusi memutuskan membatalkan UU BHP) masih dianggap sah.

Pelantikan Pembantu Dekan dan Penjabat Struktural Dilingkungan Unand

Pada hari Senin tanggal 22 Nopember 2010 bertempat di Auditorium Universitas Andalas Rektor Universitas Andalas Prof.Dr.Ir.H.Musliar Kasim,MS melantik Pembantu Dekan II dan III Fakultas Kedokteran, pembantu Deken II dan III Fakultas Ekonomi Pembantu Dekan I Fakultas MIPA, Pembantu Dekan II dan III Fakultas Peternakan, Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian Dari Penjabat Struktural terdiri dari Kabag Akademik Universitas Andalas, Kabag Tata Usaha Fakultas Kedokteran, Kasubag Dana Masyarakat, Kasubag Kemahasiswaan Fakultas Peternakan dan Kasubag Tenaga Dosen Universitas Andalas.

Sabtu, 20 November 2010

Pemilihan Pejabat Struktural Universitas Andalas

Pada hari minggu tanggal 21 Nopember 2010 diadakan pemilihan pejabat struktural dilingkungan Universitas Andalas pada jam.13.00 Wib untuk eselon III dan IV, peserta adalah karyawan yang telah lolos tes psikologi dan mendapat Undangan Rektor Unand Nomor:13144/H.16/KP/2010 tanggal 20 Nopember 2010....