Rabu, 21 Juli 2010

Fakultas Farmasi Universitas Andalas

Sejarah Berdirinya Fakultas Farmasi UNAND


FAKULTAS FARMASI UNIV. ANDALAS terletak di Kampus Limau manis. Berdirinya Fakultas Farmasi tidak terlepas dan sejarah berdirinya dan perkembangan Jurusan Farmasi maupun Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) yang sekarang bernama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 41007/Kab., tertanggal 14 Juli 1955. Pendirian ini diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada tanggal 7 September 1955 di Bukittinggi, dengan dua Jurusan yaitu Ilmu Pasti dan Geologi. Pejabat Dekan pertama pada saat itu adalah Prof. Dr. Moh. Sjaaf, setelah berjalan selama lebih kurang tiga tahun kegiatan akademis FIPIA terpaksa dibekukan karena terjadi pergolakan daerah.

FIPIA Universitas Andalas kembali dibuka pada tahun 1962 di Padang atas inisiatif beberapa staf pengajar Fakultas Pertanian dan Kefarmasian yang dikoordinir oleg Drs. Wildan Yatim Lubis, dengan satu Jurusan yaitu Biologi. Jurusan Farmasi baru terwujud dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1964, berkat semangat dan kerja keras dan Drs. Sjahniar Harun, Apt, yang pada saat itu menjabat sebagai Dekan Fakultas Universitas Andalas (periode 1964 — 1965) dengan dibantu oleh beberapa rekannya antara lain Drs. Sjahril Kudus, Drs. H. Nadir Chan, Drs. Cahyono dan Ir. Soekisno Hadikumoro. Pada periode awal (1964 — 1971) ini, Ketua Jurusan Farmasi langsung dijabat oleh Drs. Sjahriar Harun, Apt. Setelah melewati masa sulit akhimya Jurusan Farmasi berhasil meluluskan sarjana farmasi untuk pertama kalinya pada tanggal 30 Juni 1973. Setelah berhasil meluluskan sarjana farmasi, maka mulai dibuka Program Pendidikan Profesi Apoteker yang pengelolaannya berkerjasama dengan Kanwil Departemen Kesehatan RI Provinsi Sumatera Barat. Pada tanggal 12 Agustus 1974 Jurusan Farmasi memberikan gelar Apoteker pertama kalinya.
Berkat kemajuan yang pesat dibawah kepemimpinan Prof. Dr.rer. nat. Auzal Halim, Apt pada tahun 1998, BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) melalui SK No. 001/BAN- PT/Ak-I/V11111998 berkenan memberikan prediket Akreditasi A* untuk Jurusan Farmasi Universitas Andalas bersamasama dengan Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada Yogjakarta (UGM) dan Universitas Ainlangga Surabaya (UNAIR).

Pada tahun 2000, untuk memperluas kesempatan masyarakat menimba ilmu di Jurusan Farmasi, dilakukan penambahan daya tampung dengan membuka Program Studi Non Reguler (S-I Ekstensi) yang disahkan melalui SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional RI No.89/DIKTIJKep/2000. Disamping itu, seiring dengan peningkatan kualitas sumber daya Dosen/Staf Pengajar, mulai tahun 2002 ini telah dibuka dan dimulai Program Pasca Sarjana Ilmu Farmasi (S-2).

Pada tahun 2007, dibawah kepimpinan Prof. Dr. Dachriyanus, Apt, Jurusan Farmasi melakukan reakreditasi kembali dan berhasil mempertahankan predikat A sesuai dengan SK BAN-PT No. 014/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2007. Pada tanggal 15 Mei 2008 berdasarkan Surat Keputusan Rektor No.938/III /A /UNAND-2008, diresmikanlah perubahan status Jurusan Farmasi FMIPA Unand menjadi Fakultas Farmasi Univ. Andalas. Sesuai dengan SK Rektor UNAND Nomor 984/III/A/UNAND-2008, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt dan Prof. Dr. Almahdy A,MS, Apt diangkat menjadi pejabat dekan dan pejabat Sekretaris dekan pertama.


WEB: www.ffarmasi.unand.ac.id

Download disini

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda