Jumat, 23 Juli 2010

FAKULTAS ILMU SOSIAL POLITIK UNAND

A. VISI

Sepuluh tahun mendatang, FISIP Universitas Andalas diproyeksikan menjadi salah satu pusat kepakaran (center of excellence) di Indonesia dengan spesialisasi Masalah Pembangunan dan Perubahan Sosial Budaya dan Politik. Dengan spesialisasi ini, FISIP diharapkan berkembang di level teoritis dan di level praktis. Untuk mewujudkan FISIP Universitas Andalas sebagai basis pengkajian masalah sosial, budaya dan Politik pada masyarakat di wilayah Barat Indonesia, khususnya Sumatera, maka pemberdayaan sumber daya fakultas menjadi prioritas utama, untuk menghasilkan sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang handal, profesional berkualitas dan bermamfaat bagi Nusa dan Bangsa. Disamping itu, FISIP memiliki peranan penting dalam membangun dan mengembangkan kerjasama akademis secara nasional, regional dan internasional.

B. MISI

Menjadikan Fakultas Ilmu Sosial Politik sebagai fakultas yang profesional dan basis pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Politik, media tukar menukar informasi dan dokumentasi ilmiah. Mengembangkan program dan kurikulum yang berbasis kompetensi, relevan dengan dinamika masyarakat, keilmuan dan memperkuat kemampuan teoritis dan praktis mahasiswa dalam mendiskusikan dan memecahkan masalah-masalah sosial budaya dan Politik. Menjalin kerja sama institusional dengan berbagai lembaga ilmiah yang relevan dengan mencari peluang dan kesempatan dalam pemberdayaan fakultas.

Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian mengenai pembangunan dan perubahan sosial budaya dan Politik, mengembangkan kemampuan dan kepekaan dalam memecahkan masalah-masalah sosial, budaya, dan Politik yang sedang dihadapi oleh masyarakat dan menciptakan suasana yang mendukung terlaksananya etika dan moral meneliti.

Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan civitas akademis kepada kegiatan-kegiatan aplikatif dari kegiatan pendidikan dan penelitian, terutama yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, bernegara termasuk hubungan antar bangsa serta masalah pembangunan dan dampak sosial, budaya dan Politik yang terjadi akibat pembangunan.

C. TUJUAN

Sebagai lembaga pendidikan yang mengasuh pendidikan dalam bidang ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mencapai pemahaman tentang mesyarakat dan kebudayaan umat manusia umumnya atau masyarakat dan kebudayaan suatu bangsa maupun wilayah pada khususnya, agar menghasilkan sarjana ilmu sosial yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi akademis sebagai berikut:

Menguasai pengetahuan yang mendasar di bidang studi keahliannya serta metodologinya.

Memiliki kemauan, kemampuan, dan ketrampilan untuk mengikuti perkembangan pengetahuan yang menyangkut bidang keahliannya.

Berkemampuan memenuhi dan menjalankan peran dan fungsi dalam dinamika pembangunan dan proses modernisasi, diantaranya berupa penerapan pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang keahlianya untuk kepentingan masyarakat.

Memiliki nilai-nilai dan wawsan sosial, budaya, Politik yang dinamis disamping kemauan dan kemampuan untuk ikut aktif berperanserta dalam mengembangkan perspektif kebudayaan untuk menampung kekhasan kepribadian bangsa yang dinamis.

Memiliki kemauan dan kemampuan untuk bekerja dengan efektif dan berkeahlian lain, disamping memiliki kepekaan dan tanggapan terhadap masalah yang dihadapi masyarakat.



Visi, misi, dan tujuan institusi yang telah ditetapkan pada dasarnya sudah realistik dan berorientasi kemasa depan yang lebih baik, dengan tetap menjaga konsistensi, sejalan dengan perkembangan sejarah, budaya, dan nilai-nilai pendidikan tinggi. Visi, misi, dan tujuan institusi tersebut juga telah dijabarkan oleh masing-masing program studi kedalam visi, misi, dan tujuan serta kurikulumnya namun belum sepenuhnya menjadi acuan program kerja bagi setiap program studi yang ada di FISIP, Universitas Andalas saat ini.
Kurangnya media, waktu dan persoalan-persoalan internal antar dosen, antar karyawan maupun antar dosen dengan pimpinan FISIP menjadi penyebab lambatnya sosialisasi visi, misi, dan tujuan institusi. Oleh karena itu pemahaman seluruh staf baik karyawan maupun dosen terhadap visi, misi, dan tujuan institusi masih perlu terus ditingkatkan. Untuk itu kedepan visi, misi, dan tujuan institusi harus lebih disosialisasikan kepada dosen, karyawan, dan mahasiswa agar dapat difahami dan dijadikan dasar untuk merumuskan silabus matakuliah dan rencana kerja.
Meskipun masih belum semua dapat difahami oleh seluruh staf akan tetapi pada dasarnya visi, misi, dan tujuan institusi sudah cukup mencerminkan standar keunggulan cita-cita tertinggi baik yang ditetapkan oleh Universitas, maupun oleh Departemen Pendidikan Nasional sebagai Pembina Pendidikan Tinggi. Disamping itu visi, misi, dan tujuan institusi sedikit banyak akan dapat mendorong dan memberi semangat serta komitmen yang tinggi bagi para civitas akademika untuk mewujudkan perubahan-perubahan kearah yang lebih baik.

WEB:fisip.unand.ac.id

Download Disini

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda